RSS

Solo backpacking: Perjalanan ke Malaka dari Singapore

Terakhir solo traveling ke luar negeri waktu itu tahun 2013, waktu itu beruntung banget dapet kesempatan training dari regional kantor di Bangkok. Setelah training kelar, extend 2 hari untuk explore Bangkok sendirian. Pengalaman pertama solo traveling di Bangkok berkesan banget, bikin ketagihan!! Cobain deh, dijamin ketahihan hehe.

Hari ini Sabtu tanggal 11 Juni 2016 akhirnya kesampean ngulang solo traveling lagi, kali ini ke Malaka.

Kebetulan aku stay di Singapore dari tanggal 7 Juni untuk urusan kerjaan dan tanggal 15 Juni ada kerjaan lagi di Singapore. Daripada bolak balik ke Jakarta, akhirnya kepikiran untuk merealisasikan salah satu wishlist, MALAKA. Tahun lalu pas ada kerjaan di Kuala Lumpur gak sempet ke Malaka.

Di Singapore aku nginep dirumah temen didaerah Teban. Dari Teban naik bis jurusan Jurong East, lanjut MRT ke Woodlands. Begitu turun MRT Woodlands cari petunjuk arah ke "Bus Interchange". Dapet info dari ponakan yang habis honeymoon ke Malaka, dari Woodlands bisa naik bus 950. Bus 950 letaknya di paling ujung, dari MRT belok kiri n langsung aja ke pojok. Tapi jangan nangis di pojokan yaaaa 😂..

Begitu sampe di check point, kita kudu turun and antri di imigrasi. Kita bakal dapet cap yang tandanya kita dah keluar dari Singapore. Begitu kelar imigrasi, kita turun kebawah n naik bis lagi. Disini bisa naik bis 950 lagi or 170, sampe ke check point kedua untuk dapet cap tanda masuk Malaysia. Bus 170 yang bakal anter kita sampe terminal Larkin. Disana kita bakal temuin seabreg agen bus ke beberapa kota di Malaysia termasuk Malaka.

Baru sadar ini weekend, antriannya alamaaaak.... Puanjang!! Lumayan pegel punggung, akhirnya backpack pindah ke sela sela kaki haha.. Hayati lelah mak 🙈🙈

Begitu kelar urusan imigrasi dan duduk manis di bus 170, saatnya tidurrr saudarah saudarah!! 😴😴

Akhirnya sampe juga di terminal Larkin. Total pengeluaran buat bus dari Woodlands ke Larkin kurang lebih 3sgd, tepatnya kurang paham karena lupa nominal pasti terakhir di EZlink.

Di terminal Larkin begitu turun bus 170 pasti bakal nemu calo calo yang nawarin bus ke KL, Malaka dll. Abaikan saja, jangan hiraukan mereka, karena mereka tak ada bedanya dengan calo calo yang ada di terminal Pulogadung.

Aku langsung nyari counter bus KKKL, kata ponakan bus nya enak ada sandaran kakinya. Oke, itu penting banget. Membuat tidur lebih nyaman bukan? Harga tiket bus ke Malaka 21rm. Perjalanan dari JB ke Malaka kurang lebih 3 jam, kita bakal diturunin di terminal Malaka Sentral.

Turun bus, cari tulisan Bus Domestik dan cari jalur bus 17. Bus ini tujuan akhir Ujong Pasir dan nglewatin daerah wisata Malaka. Selanjutnya turun halte mana? Sesuaikan dengan lokasi hotel anda, okay? Happy holiday!! 😘😘

0 comments:

Post a Comment